Pentingnya Invetasi Di Usia Muda

Percaya gak? uang yang biasa kita pakai untuk nonton, ngopi atau nongkrong tiap weekend bareng temen, kalau dikumpulin bisa buat beli emas 1 gram?

Saat ini buat sebagian besar anak muda rasanya berat banget buat investasi. Jangankan investasi, bikin rencana keuangan aja belum kepikiran. Begitu ada uang, pasti langsung dihabiskan untuk belanja atau liburan. Brand bobba terbaru muncul, coba. Trend fashion baru lagi banyak dipake influencer, beli. Secara tidak langsung kita jadi terbiasa dengan gaya hidup konsumtif. toh, perjalanan masih panjang jadi investasi nanti nanti aja. ya kan? hayo ngaku!

Memakai uang untuk beli sesuatu yang kita suka memang gaada salahnya, tapi apa kabar dengan investasi yang ga kalah pentingnya untuk masa depan? di masa mendatang, tentu setiap orang ingin punya hidup yang terjamin tanpa harus bekerja keras, sedangkan inflasi terus terjadi. Salah satu jalan keluarnya ya dengan investasikan harta atau uang yang kita miliki.

Investasi beda lho dengan menabung! kalau menabung merupakan metode penyimpanan uang untuk kebutuhan yang sifatnya dadakan atau untuk memenuhi kebutuhan rencana yang sifatnya jangka pendek. Sifatnya (liquid) alias bisa dicairkan kapan saja dan beresiko rendah sedangkan investasi yaitu cara untuk menempatkan uang atau harta selama waktu tertentu dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa mendatang. Produknya bisa macam-macam, mulai dari deposito, beli emas, reksadana ataupun dengan tanam modal di pasar saham.

Dari metode ini, harta kita seakan diputar untuk mendapatkan keuntungan karena bunga yang ditawarkan juga cukup tinggi. Tapi sebanding dengan keuntungannya, investasi juga memiliki resiko yang tinggi kalau kalau kita tidak bijak dalam memilih produknya.

Saat ini ada sejumlah instrumen investasi yang ada, sebelum kamu pilih instrument mana yang pas buat kamu pahami dulu

  1. Goals yang pengen kita capai, kenapa? karena dengan begitu, kita jadi bisa menentukan langkah dan jenis investasi apa yang akan dipilih. Mulai dari jangka waktu, jenis dan dimana kita ingin alokasikan dana yang kita punya. Lebih baik, pilih dari investasi yang paling ringan dulu seperti deposito yang keuntungannya bisa kamu rasakan dalam jangka waktu menengah atau panjang, atau bisa dengan cara investasi emas; karena di masa depan akan semakin menguntungkan nilainya.
  2. Pahami resikonya, namanya juga investasi ada faktor untung rugi. Yang dimaksud resiko disini, kembali ke soal finansial kita. Saat sudah memutuskan untuk investasi, kita harus menyiapkan sejumlah dana/modal dan pastikan tidak memiliki hutang dan pendapatan stabil.
  3. Yang terakhir, pastikan platform tempat kita berinvestasi sudah terdaftar di OJK dan lembaga resmi lainnya ya supaya terhindar dari investasi bodong atau penipuan.

Kembali ke halaman : Artikel Media

Call Now Button
WhatsApp WhatsApp us
WordPress Appliance - Powered by TurnKey Linux